Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 03 Januari 2012

Filled Under:

Bagaimana Memilih Susu Untuk Ibu Hamil?

Share
Minum susu sangat penting pada masa kehamilan. Susu yang diminum ibu hamil akan membantu pertumbuhan janin yang dikandungnya. 

Susu adalah sumber vitamin D, kalsium, riboflavin, protein dan energi bagi ibu hamil. Walau demikian, beberapa wanita hamil dibatasi pemasukan susunya karena alasan kesehatan seperti alergi. 

Susu khusus untuk ibu hamil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada baiknya seorang ibu hamil mengganti merek susu yang diminum selama kehamilannya agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Tidak ada aturan khusus susu ibu hamil seperti apa yang baik. Karena pasti semua produsen berlomba-lomba memberikan yang terbaik. Yang perlu diperhatikan hanyalah rasa dan harga. Pilihlah susu yang rasanya sesuai selera dan harganya sesuai anggaran. 

Setiap harinya, ibu hamil memerlukan tambahan 100-300 kCal. Kebutuhan kalori ini bisa didapatkan dari makanan sehari-hari dan suplementasi misalnya susu. 

Bagaimana Memilih Susu Untuk Ibu Hamil? Berikut ini penjelasan dan perbandingan merek susu ibu hamil yang ada di pasaran. 

Merek Susu 
Kalori per 100 g, Segelas susu: 3-4 sendok takar bubuk susu (50-60 g)
  • Anmum (Pt Fonterra) 420 Kcal
  • Enfamama (Mead Johnson) 395 Kcal
  • Lactamil (Sari Husada) 433 Kcal
  • Mama’s Best (Abbott) 407 Kcal
  • Nutricia Bunda (Nutricia) 385 Kcal
  • Prenagen Emesis/Ibu Hamil 375 Kcal
  • Similac Mama’s Best (Abbott) 354 Kcal
  • Sustagen Mama (Mead Johnson) 380 Kcal
Kalori dalam masing-masing merek susu lebih kurang sama (± 400 kCal), begitu juga dengan kandungan lemak dan protein serta vitamin & mineralnya. 
  • Perbedaannya adalah salah satu merek menurunkan kandungan lemaknya sehingga mengurangi rasa mual sehingga disarankan oleh produsen susu untuk konsumsi pada masa kehamilan awal. Tetapi jumlah kalorinya tetap sama. 
  • Perbedaan lain tentunya rasa dari masing-masing susu. Vanila dan coklat adalah pilihan yang tersedia.
Kesimpulannya adalah tidak terdapat perbedaan nilai gizi yang berarti dari berbagai macam susu yang ditawarkan. Pilihlah sesuai dengan rasa yang anda sukai dan perhatikan takaran sesuai petunjuk. 

Bila tidak suka susu, pilihlah minuman lain yang bergizi misalnya susu kedelai dan kacang hijau, yang juga baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

0 komentar:

Poskan Komentar